Kamis, 10 Mei 2012

ASYIK-ASYIK BELAJAR SEJARAH


Asyik-Asyik Belajar sejarah 



Kebanyakan orang mungkin akan merasakan kebosanan dengan membaca hal-hal yang berkaitan dengan sejarah. Namun tak sedikit juga diantara orang-orang yang bosan akan membaca sejarah mempunyai kesukaan atau kecintaan dengan hal-hal yang berkaitan dengannya, hanya saja mereka merasa malas dalam membacanya. Dan hal inipun menumbuhkan keinginan mereka untuk mengetahui bagaimana cara asyik dan tetap tidak bosan dalam mempelajari sejarah, sehingga kecintaan mereka pada sejarah semakin bertambah. 

Sejarah yang dianggap sebagai sesuatu yang sangat special bagi para sejarawan, juga dapat menimbulkan sebuah kebosanan bagi orang awam yang memang sedikit tak tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan sejarah. Dan untuk menumbuhkan kecintaan pada sejarah kita tidak perlu muluk-muluk untuk menumbuhkannya. Karena bila kita terlalu mengedepankan untuk menyukai sejarah kita malah akan semakin bosan. 

 Sama halnya dengan kita terlalu ingin menumbuhkan keinginan suka pada sesuatu dan terlalu semangat untuk menumbuhkannya, itu nanti malah akan membosankan kita. Artinya Kita juga perlu memperhatikan porsi dalam mempelajari sejarah. Selain itu cara menumbuhkan ketertarikan itu dengan cara menelatenkannya. 

 Dan berikut ini akn saya sajikan beberapa cara menumbuhkan ketertarikan pada sejarah berdasarkan alasannya : 

 1. Niat, Kenapa dengan niat ?,,, Untuk mengawali segala sesuatu tentunya dibutuhkan niat. Karena bila kita sudah mengawalinya dengan niat Insyaallah apa yang kita inginkan akan menjadi kenyataan. Termasuk dalam hal belajar, bila sudah kita tanamkan dalam hati bahwa kita akan bersungguh-sungguh dalam mempelajarinya, pasti keinginan itu akan terkabul Meskipun niat ini dianggap remeh, karena hanya hal sepele, namun dalam penerapannya hikmah dari niat ini sangat luar biasa. 

2. Tekunilah dalam membaca sejarah, artinya jadwalkan atau luangkan waktu yang rutin untuk membaca sejarah. Karena dengan kerutinan itu akan menjadikan kita terbiasa. Sehingga yang akan kita rasakan setelah terbiasa nanti akan semakin menarik kita untuk suka dan membaca macam-macam sejarah lain. 

3. Janganlah kita terlalu menekuni atau terlalu mempelajari tentang sejarah. Artinya seperti yang saya jelaskan diatas bahwa dalam mempelajari sejarah juga harus mengetahui porsinya. Sehingga kita tidak kewelahan dan jenuh dalam mempelajari sejarah. Bagaimanapun juga sebagai manusia biasa rasa jenuh itu akan tetap ada. Seorang sejarahpun pastinya akan merasa jenuh bila terlalu mengedepankan dan menekunkannya. Namun kecintaan merekalah yang menggerakkan hatinya untuk semangat mempelajari sejarah dengan cara mereka sendiri. 

 4. Carilah cara untuk dapat membuat kita menyenangi dalam mempelajari sejarah, artinya kita akan merasa nyaman dan mudah tertarik dengan sejarah dengan cara belajar kita sendiri. Misalnya, kita menyukai sesuatu atau bisa mempelajari sesuatu dengan hal yang berhubungan dengan gambar. Maka cara yang ampuh adalah carilah buku sejarah yang tentunya disertai gambar, sehingga dengan gamabr tersebut kita tidak sekedar tahu isi bacaan namun juga bisa membayangkan dari buku sejarah tersebut. 

5. Biasakan untuk mengikuti organisasi yang berhubungan dengan pelajaran sejarah, sehingga kita akan semakin tahu dan cepat mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan sejarah. 

6. Gunakanlah internet dengan sebaik mungkin. Karena internet itu mudah sekali untuk mencari informasi-informasi apalagi dengan sesuatu penemuan baru, khususnya dalam sejarah. Sehingga kita akan semakin up to date tentang hal yang berkaitan dengan sejarah. 

Semoga tips diatas dapat membantu teman-teman dalam mempermudah belajar sejarah, Selamat mencoba tips saya diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar